This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Selasa, 04 Desember 2012

almat

http://rinilcc94.blogspot.com/
http://rinilcc72.blogspot.com/
http://lcc94.blogspot.com/
http://rinilcc272.blogspot.com/
http://rinilcc06.blogspot.com/
http://rinilcc.blogspot.com/
http://rinilcc04.blogspot.com/

wawancara kerja

10 Pertanyaan yang Sering Diajukan Saat Wawancara Kerja

11 Apr Wawancara KerjaSebelum berangkat untuk wawancara kerja di satu perusahaan, sangat penting bagi Anda untuk membuat daftar pertanyaan yang kemungkinan akan ditanyakan pewawancara, dan mempersiapkan jawabannya.
Mempersiapkan jawaban yang baik akan membantu Anda untuk tidak panik, menjawab dengan baik, dan meningkatkan kepercayaan diri Anda.
Berikut ini ada 10 pertanyaan wawancara yang paling sering ditanyakan untuk mencari kelemahan pencari kerja. Sepuluh pertanyaan ini sangat tepat untuk Anda gunakan untuk berlatih wawancara kerja. Sepuluh pertanyaan tersebut adalah:
1. “Apa kelemahan Anda?”
Cara terbaik untuk menjawab pertanyaan ini adalah dengan meminimalkan kelemahan dan menekankan pada kekuatan Anda.
Sampaikan hal-hal profesional yang Anda anggap sebagai kelemahan anda daripada berkonsentrasi pada kualitas pribadi negatif. Kemudian, sampaikan pula bahwa Anda terus melakukan sesuatu untuk memperbaiki diri sendiri secara profesional dalam rangka memperbaiki kelemahan Anda tersebut.
2. “Ceritakan tentang diri Anda.”
Mungkin pertanyaan ini terdengar standar dan sangat sederhana, namun kenyataannya tidak sesederhana pertanyaannya.
Jangan menjawab dengan apa-apa yang sudah Anda tulis dalam CV, terutama apabila Anda diminta menjelaskan dalam waktu yang singkat dan dibatasi.
Sampaikanlah fokus pada pendidikan, pengalaman kerja, dan kegiatan atau pekerjaan Anda yang terakhir. Di sela-sela menjelaskan, selipkan poin kelebihan Anda yang menonjol.
3. “Mengapa kami harus mempekerjakan Anda?”
Pertanyaan ini cukup menjebak, dan Anda harus benar-benar bisa memberikan alasan yang baik untuk menjawabnya.
Cara terbaik menjawabnya adalah dengan merangkum semua pengalaman kerja Anda yang menurut Anda akan bermanfaat bagi perusahaan.
Tunjukkan dengan penuh percaya diri dan terlihat bahwa Anda sungguh berharap bergabung di perusahaan ini.
4. “Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?”
Pewawancara menanyakan pertanyaan itu semata-mata untuk memastikan bahwa Anda sungguh-sungguh tertarik pada pekerjaan ini dan bukan hanya sekedar coba-coba.
Sebagai pelamar kerja Anda harus meyakinkan pewawancara bahwa Anda serius dan sangat tertarik dalam pekerjaan yang Anda lamar. Tunjukkan dengan bahasa verbal, dan juga bahasa tubuh yang mendukung pernyataan Anda.
5. “Apa visi Anda? Bagaimana Anda melihat diri Anda lima tahun ke depan?
Daripada berbicara tentang masa depan yang jauh, akan lebih baik bila Anda menjawab dengan fokus ke visi jangka pendek atau menengah Anda.
Sangat baik pula jika Anda melibatkan perusahaan dalam membahas tujuan profesional Anda. Contohnya, sampaikan bahwa Anda melihat diri Anda sebagai menjadi bagian dari perusahaan dan membantu dalam mencapai tujuan dan misi itu.
Banyak pewawancara menanyakan pertanyaan ini untuk melihat motif sebenarnya dari si pelamar, apakah ia sungguh-sungguh ingin berkarir di perusahaan ini, atau hanya sebagai batu loncatan dan pengalaman untuk selanjutnya pindah ke perusahaan lain.
6. “Mengapa Anda meninggalkan pekerjaan Anda saat ini?”
Ini pertanyaan yang cukup sulit, biasanya digunakan pewawancara untuk melihat profesionalisme serta kemampuan pelamar untuk tetap pada pekerjaan.
Jangan sekali-kali menjawabnya dengan menyebutkan hal negatif tentang atasan atau perusahaan Anda saat ini atau sebelumnya.
Lebih baik Anda menjawabnya dengan jawaban bijaksana bahwa Anda mencari kesempatan baru yang lebih baik untuk meningkatkan pengetahuan profesional Anda.
7. “Apakah Anda merasa puas dalam pekerjaan Anda?”
Hati-hati menjawab pertanyaan ini, karena jawaban yang tidak meyakinkan bisa menyebabkan Anda kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan itu.
Konsentrasilah untuk membahas pada hal-hal yang memotivasi Anda daripada berprasangka buruk pada pekerjaan Anda sebelumnya.
Ini akan memberi kesan bahwa Anda adalah karyawan yang baik karena dapat  menahan diri membuat pernyataan buruk tentang pekerjaan Anda sebelumnya, ditambah lagi ini akan memberikan perusahaan masa depan Anda ide-ide tentang bagaimana mememotivasi karyawan mereka.
8. “Apa yang dapat Anda lakukan untuk kami, yang calon lain tidak bisa tawarkan?”
Banyak pelamar bingung saat diajukan pertanyaan ini karena takut bahwa jawaban mereka tidak cukup baik seperti yang diharapkan perusahaan.
Percaya diri dan fokuslah untuk membahas poin-poin positif diri Anda dan kualifikasi pekerjaan yang Anda anggap penting dan relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar.
9. “Apa tiga hal positif akan atasan terakhir Anda katakan tentang Anda?”
Sebutkanlah sifat-sifat positif Anda baik sebagai pribadi dan sebagai seorang karyawan yang tidak hanya dilihat oleh atasan Anda sebelumnya tetapi juga oleh karyawan lain sejawat Anda. Ingat-ingat apa komentar positif dari atasan Anda sebelumnya yang ia sampaikan atau tertulis melalui penilaian kinerja Anda.
10. “Berapa gaji yang Anda cari? Atau berapa banyak gaji yang Anda harapkan?”
Saat pewawancara menanyakan persyaratan gaji Anda, biasanya berarti mereka menyukai Anda dan mulai mempertimbangkan Anda untuk menjadi bagian dari perusahaan.
Beberapa perusahaan bahkan akan menanyakan riwayat gaji Anda dari pekerjaan sebelumnya. Anda harus bisa bernegosiasi gaji. Bacalah tulisan tentang trik-trik bernegosiasi gaji.
Persiapan yang baik akan membawa hasil yang baik pula. Pastikan Anda sudah memiliki jawaban yang baik, menuliskannya, dan berlatih sendiri ataupun dengan teman Anda sebelum berangkat menuju lokasi wawancara. Semoga berhasil.
Sumber: blogkarir.com

tujuan dan fungsi kantor

TUJUAN DAN FUNGSI KANTOR


Menurut Mills (1984:9). tujuan kantor didefinisikan sebagai pemberian pelayanan komunikasi dan perekaman. Dari definisi tersebut, Mills memperluas menjadi fungsi kantor (pekerjaan yang dilakukan) yakni sebagai berikut.
a. Menerima informasi (to receive information).
Menerima informasi dalam bentuk surat, panggilan telepon, pesanan, faktur, dan laporan mengenai berbagai kegiatan bisnis.
b. Merekam dan menyimpan data-data serta informasi (to record information).
Tujuan pembuatan rekaman adalah menyiapkan informasi sesegera mungkin apabila manajemen meminta informasi tersebut. Beberapa rekaman (record) diminta untuk disimpan menurut hukum (seperti anggaran dasar dan anggaran rumah tangga suatu perseroan terbatas), atau disimpan untuk memenuhi kebutuhan manajemen dalam perencanaan dan pengendalian perusahaan seperti rincian negosiasi. transaksi, operasi, korespondensi, pesanan, faktur, atau ringkasan rincian seperti laporan keuangan, laporan persediaan, dan analisis penjualan.
c. Mengatur informasi (to arrange information).
Informasi yang diakumulasi oleh kantor jarang dalam bentuk yang sama layaknya ketika diberikan, seperti mengumpulkan informasi dari sumber-sumber yang berbeda dan membuat perhitungan/pembukuan. Kantor bertanggung jawab memberikan informasi dalam bentuk terbaik dalam melayani manajemen seperti, penyiapan faktur/kuitansi, penetapan harga, akuntansi, laporan statistik, laporan keuangan, dan laporan pada umumnya.
d. Memberi informasi (to give infinmation).
Bila manajemen meminta sejumlah informasi yang diperlukan, kantor memberikan informasi tersehut dari rekaman yang tersedia. Sebagian informasi yang diberikan bersifat rutin, sebagian bersilat khusus. Informasi-formasi tersebut diberikan baik secara lisan maupun tulisan. Contoh informasi tersebut adalah pesanan. anggaran, faktur,kuitansi, laporan perkembangan, laporan keuangan, dan instruksi yang dikeluarkan atas perintah manajemen.
e. Melindungi aset (to safeguard assets).
Di samping empat tugas di atas, masih terdapat fungsi kantor yang lain, yaitu mengamati secara cermat berbagai kegiatan dalam perusahaan seperti diperlihatkan didalam rekaman dan mengantisipasi segala hal yang tidak menguntungkan yang mungkin terjadi. Misalnya. Melaporkan adanya kekurangan persediaan, melaporkan adanya sejumlah utang yang mungkin tidak terbayar saat akan jatuh tempo, rekaman vital seperti kontrak besar harus dilindungi secara tepat. uang tunai harus disimpan dalam lemari besi maupun di dalam bank. Kantor harus berhati-hati terhadap makna rekaman dan memperhatikan dengan secara hal-hal yang memerlukan tindakan manajemen.
Kelima fungsi di atas harus dilaksanakan dalam setiap organisasi. Di dalam perusahaan kecil yang hanya dikendalikan oleh satu orang, pelayanan kantor secara terpisah (desentralisasi) mungkin tidak diperlukan. Pcmilik perusahaan menerima clan memberikan informasi secara pribadi, di mana sebagian besar rekaman tersimpan dalam ingatan. Akan tetapi, di dalam perusahaan yang lebih besar dan kompleks, direktur pengelola tidak dapat menangani secara pribadi semua fakta yang berhubungan dengan perusahaan. Dengan demikian, pengawasan secara rinci atas penanganan uang tunai dan aset lain tidak dapat dilaksanakan. Jadi, dalam hal ini kantor harus memenuhi fungsi tersebut. Kantor adalah pelayan dari manajemen. Selain lima fungsi di atas, kantor masih memiliki empat fungsi lain, yaitu:
a. Pusat syaraf administrasi dan perencanaan kebijaksanaan
Sebagai badan eksekutil, kantor harus bertindak sebagai pusat administrasi. Administrasi dalam hal ini adalah segenap proses penyelenggaraan dalam setiap usaha kerja sama sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu. Unsur-unsur dari administrasi: pengorganisasian, personalia, keuangan, komunikasi, tata usaha, dan humas.
b. Perantara
Kantor bertindak sebagai pusat pelayanan yang menghubungkan antar bagian dalam organisasi.
c. Koordinator
Mengawasi dan mengkoordinir seluruh kegiatan organisasi.
d. Penghubung dengan publik
Mengadakan hubungan dengan pihak luar organisasi dan memberikan dukungan terhadap organisasi.
Pustaka
Manajemen Administrasi Perkantoran Oleh Ida Nuraida, S.E.

definisi administrasi perkantoran

engertian Administrasi Perkantoran Secara etimologis, administrasi berasal dari bahasa latin yang terdiri dari kata ad yang berarti intensif dan ministraire yang berarti to serve (melayani). Literatur lain menjelaskan bahwa administrasi merupakan terjemahan dari bahasa Inggris yaitu administration yang bentuk infinitifnya adalah to administer. Dalam Oxford Advanced Learner’s Dictionary of Current English (1974), kata administer diartikan sebagai to manage (mengelola) atau to direct (menggerakkan) (Ulbert Silalahi 1992: 2-3). Kata administrasi juga berasal dari bahasa Belanda, yaitu administratie yang meliputi kegiatan catat mencatat, surat menyurat, pembukaan ringan, ketik mengetik, agenda dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan (clrecical work) (Suwarno Handayaningrat, 1988: 2) Secara ilmu, menurut Leonard D. White (dalam Introduction to Study of Public Administration), administrasi adalah suatu proses yang pada umumnya terdapat pada semua usaha kelompok Negara atau swasta, sipil atau militer, usaha yang besar atau yang kecil dan sebagainya. Sementara itu The Liang Gie (1980) menyatakan bahwa administrasi adalah segenap rangkaian kegiatan penataan terhadap pekerjaan pokok yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam kerja sama mencapai tujuan tertentu. William H. Newman (dalam Administrative Action The Techniques of Organization and Management) mendefinisikan administrasi sebagai pembimbingan, kepemimpinan dan pengawasan usaha-usaha suatu kelompok orang-orang ke arah pencapaian tujuan bersama. Sondang P. Siagian (dalam Filsafat Administrasi) berpendapat bahwa administrasi merupakan keseluruhan proses kerjasama antara dua orang manusia atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Sementara itu Dwight Waldo (1971) mendefinisikan administrasi sebagai suatu daya upaya manusia yang kooperatif yang mempunyai tingkat rasionalitas yang tinggi. v Definisi/Pengertian Administrasi Istilah administrasi berasal dari bahasa latin yaitu “Ad” dan “ministrate” yang artinya pemberian jasa atau bantuan, yang dalam bahasa Inggris disebut “Administration” artinya “To Serve”, yaitu melayani dengan sebaik-baiknya. Pengertian administrasi dapat dibedakan menjadi 2 pengertian yaitu : Ø Administrasi dalam arti sempit. Menurut Soewarno Handayaningrat mengatakan “Administrasi secara sempit berasal dari kata Administratie (bahasa Belanda) yaitu meliputi kegiatan cata-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan, keti-mengetik, agenda dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan”(1988:2). Dari definisi tersebut dapat disimpulkan administrasi dalam arti sempit merupakan kegiatan ketatausahaan yang mliputi kegiatan cata-mencatat, surat-menyurat, pembukuan dan pengarsipan surat serta hal-hal lainnya yang dimaksudkan untuk menyediakan informasi serta mempermudah memperoleh informasi kembali jika dibutuhkan. Ø Administrasi dalam arti luas. Menurut The Liang Gie mengatakan “Administrasi secara luas adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan tertentu”(1980:9). Administrasi secara luas dapat disimpulkan pada dasarnya semua mengandung unsur pokok yang sama yaitu adanya kegiatan tertentu, adanya manusia yang melakukan kerjasama serta mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Pendapat lain mengenai administrasi dikemukan oleh Sondang P. Siagian mengemukakan “Administrasi adalah keseluruhan proses kerjasama antara 2 orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya” (1994:3). Berdasarkan uraian dan definisi tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa administrasi adalah seluruh kegiatan yang dilakukan melalui kerjasama dalam suatu organisasi berdasarkan rencana yang telah ditetapkan untuk mencapai tujuan. v Peranan Tugas Sekreretaris “A Secretary assist an excecutive in carrying out the detail o his work. The executive depend ons upon his secretary primarly for assistance in handling the details of communications such as telephoning, telegraphing, filling and duplicating.’’Beamer, Hanna, Popham ( Effective Secretarial Practise). v TUJUAN DAN SASARAN Untuk mewujudkan Visi dan Misi yang telah ditetapkan, maka Bagian Kesehteraan Rakyat menetapkan suatu tujuan dan sasaran yang lebih fokus dalam upaya mencapai tujuan. Adapun Tujuan dan sasaran yang ingin dicapai pada Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Klungkung Tahun 2009 adalah sebagai berikut : · Tujuan : 1. Terciptanya komunikasi dan koordinasi dengan instansi terkait dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Klungkung Bidang Pendidikan, Pemuda, Olah Raga, Kesehatan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Keluarga Berencana Agama, Sosial Tenaga Kerja, Kependudukan, Transmigrasi dan Penanggulangan Bencana. 2. Terwujudnya penyelenggaraan administrasi, keuangan dan distribusi informasi dengan akurat dan tepat waktu melalui peningkatan sarana dan prasarana yang Memadai melalui peningkatan sarana dan prasarana yang memadai bagi aparatur pemerintah dalam melaksanakan tugas dan fungsi masing-masing untuk tercapainya Visi dan Misi satuan kerja 3. Terlaksannya Tugas-tugas kedinasan bagi atasan dengan instansi terkait.. · SASARAN Sasaran merupakan hasil yang ingin diperoleh/dicapai dengan kurun waktu tertentu yang merupakan penjabaran dari tujuan di atas.Sasaran terbagi menjadi 2 kelompok yaitu : Sasaran Tahunan dalam RKT dan Sasaran dalam Kurun Waktu Renstra. Sasaran tahunan dalam Rencana Kerja Tahunan (RKT) adalah sasaran yang ingin dicapai dalam jangka waktu satu tahun tertentu . Sedangkan dalam kurun waktu Renstra adalah kumpulan sasaran tahunan yang ingin dicapai dalam kurun waktu Renstra. Sasaran dalam kurun waktu Renstra pada Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Klungkung Tahun 2009- 2013 yaitu ; - Mengkoordinasikan dan mensinergikan kebijakan Kepala daerah dengan dinas Daerah dan lembaga Teknis daerah sehingga dapat mendukung penyelenggaraan pemerintahan - Penyediaan fasilitas / alat-alat sarana dan prasarana kantor sehingga pelaksanaan kegiatan tidak terhambat yang disebabkan oleh kelangkaan sarana dan prasarana pendukung. Selanjutnya Sasaran Tahunan yang tercantum dalam RKT akan diuraikan lebih lanjut di bawah ini . Kebijakan dan Program Strategi untuk mencapai tujuan dan sasaran dirumuskan dalam kebijakan dan program ; 1. Kebijakan; merupakan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan oleh yang berwenang untuk dijadikan pedoman, pegangan atau petunjuk dalam pengembangan / pelaksanaan program dan kegiatan guna tercapainya keterpaduan dan kelancaran dalam melaksanakan kegiatan. 2. Program; adalah kumpulan kegiatan yang sistematis dan terpadu untuk mewujudkan tujuan dan sasaran. Mengacu pada visi dan misi pembangunan Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Klungkung, maka tahun 2009 ditetapkan suatu program yaitu : 1. Program Pelayanan Administrasi Perkantoran 2. Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur Fokus kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka mendukung program pembangunan di Kabupaten Klungkung Tahun 2009 antara lain : 1. Program Pelayanan Administrasi Perkantoran 1. Penyediaan Jasa Komunikasi, Sumber Daya Air dan Listrik 2. Penyediaan Jasa Administrasi Keuangan 3. Penyediaan alat Tulis Kantor 4. Penyediaan Barang Cetakan dan Penggandaan 5. Penyediaan Komponen Instalasi Listrik/Penerangan Bangunan Kantor 6. Penyediaan Peralatan dan Perlengkapan Kantor 7. Penyediaan Bahan Logistik Kantor 8. Penyediaan Makanan dan Minuman 9. Rapat-rapat Koordinasi dan Konsultasi ke Luar Daerah 10. Penyediaan Jasa Pendukung Administrasi/Teknis Perkantoran 2. Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur 1. Pemeliharaan Rutin / Berkala Gedung Kantor 2. Pemeliharaan Rutin / Berkala Kendaraan Dinas / Operasional 3. Pemeliharaan Rutin / Berkala Perlengkapan Gedung Kantor

contoh lamaran

Contoh surat lamaran 25 November 2009 Yth; Kepala Bagian Sumber Daya Manusia PT. Capori Sweat Indonesia Jl. Perdatam Raya 50 Jakarta Selatan 12930 Dengan hormat, Saya mempunyai pengalaman lebih dari tujuh tahun sebagai manajer tetap di divisi pemasaran produk food and beverages di PT. Cleo Food, Jakarta. Dalam posisi tersebut saya bertanggung jawab atas penjualan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Cilegon. Karena satu dan lain hal, dalam waktu dekat ini saya akan berdomisili di Yogyakarta. Saya melihat bahwa perkembangan bisnis PT. Capori Sweat Indonesia di kota Yogyakarta memiliki prospek yang cerah. Berbekal pengetahuan geografi dan demografi kota Yogyakarta dan sekitarnya, serta ditunjang pengalaman lebih dari tujuh tahun di bidang pemasaran, saya percaya bahwa saya dapat memberikan kontribusi yang baik dalam meningkatkan penjualan PT. Capori Sweat Indonesia di wilayah kota Yogyakarta dan sekitarnya. Saya menyadari bahwa surat lamaran maupun curriculum vitae yang saya kirimkan ini belum menjelaskan kualifikasi saya secara mendalam. Oleh karena itu, saya sangat mengharapkan adanya suatu kesempatan wawancara, dimana saya dapat menjelaskan bagaimana potensi dalam diri saya dan kontribusi yang dapat saya berikan akan menjadi asset yang berharga bagi PT. Capori Sweat Indonesia. Hormat saya, Anggoto Susno Tigaji CONTOH CV Dwi Susanti DATA PRIBADI ________________________________________ Tempat, tanggal lahir : Yogyakarta, 18 Januari 1973 Jenis kelamin : Perempuan Status : Menikah Agama : Islam Kewarganegaraan : Indonesia Alamat : Jl. Kebon Jeruk X No.75 Jakarta Barat 17345 Telepon : (021) 5846887, 08170957556 e-mail : dwisusanti@yahoo.com BIDANG KEAHLIAN ________________________________________ Manajer Pemasaran PENGALAMAN KERJA ________________________________________ 2002–Saat ini PT. BCG Battery Bekasi, Jawa Barat National Sales Manager • Meningkatkan penjualan sebesar 50% dari Rp 400 milyar menjadi Rp 850 milyar. • Meningkatkan penjualan per distributor sebesar 50%. • Membuka wilayah pemasaran baru di Indonesia bagian timur yang memberikan kontribusi terhadap kenaikan penjualan nasional sebesar 20%. 1999–2002 PT. BOGA INTI SARI Bogor, Jawa Barat District Sales Manager • Meningkatkan penjualan wilayah Jabotabek dari Rp 250 milyar per tahun menjadi Rp 350 milyar per tahun. • Mengkoordinir 250 agen distributor di wilayah Jabotabek. • Implementasi kursus dan pelatihan mengenai teknik dan strategi menjual yang efektif bagi karyawan baru, yang terbukti dapat meningkatkan penjualan secara lebih cepat. 1997–1999 PT. AUTO 5000 Tangerang, Banten Senior Sales Representative • Meningkatkan penjualan produk mobil per individu agen sebesar 20% dalam waktu 2 tahun. • Mengkoordinir agen-agen penjualan di wilayah Tangerang dan Serpong. • Mengembangkan tim agen penjualan dari 10 orang menjadi 45 orang dalam waktu 2 tahun. PENDIDIKAN ________________________________________ 1992–1997 STIE YKPN Yogyakarta Sarjana Ekonomi, jurusan Management Pemasaran, lulus tahun 1997 dengan IPK 3.32. KURSUS DAN PELATIHAN ________________________________________ 2002 EXECUTIVE TRAINING CENTER Jakarta Effective Seling Strategy 1997 GAJAH MADA KOMPUTER Yogyakarta Aplikasi Komputer Untuk Bisnis HOBY ________________________________________ Travelling, olah raga, membaca, internet.   Contoh surat pengunduran diri Bandung, 23 Oktober 2007 Kepada Yth. Bapak Pimpinan PT XXX Dengan Hormat Dengan sangat menyesal, saya mengirimkan surat pengunduran diri ini. Mohon kiranya surat ini diterima sebagai surat resmi pengunduran diri saya dari posisi Desainer Web, tertanggal 1 November 2007. Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kesempatan yang diberikan sebagai bagian dari PTXXX untuk lebih dari satu tahun. Semoga PT XXX akan semakin sukses di masa mendatang. Bila PT XXX masih memerlukan tenaga saya pada masa transisi, dengan senang hati saya akan membantu. Salam Saya, Pupung Budi Purnama Contoh SURAT KUASA Yang bertanda tangan dibawah ini Nama : ETY ZUNAIDAR Jenis Kelamin : Wanita Tempat Tanggal Lahir : Medan, 21 Juni 1973 Alamat : Cipondoh Makmur Blok E. IV/01 RT 07/05 Kel. Cipondoh Makmur. Kec. Cipondoh No. KTP : 32.75.02.1002.08617. Memberikan kuasa kepada Nama : IRAWANSYAH HASIBUAN Alamat : Puri Dewata Indah Blok. Ag. No. 27 RT. 03/02 Cipondoh Tangerang. No. KTP : 367.105.13.00.02 Untuk pengambilan : Satu Buah Yunit : BPKB Mobil Suzuki Baleno Nopol : B. 2628 YH Warna : Abu-abu Metalik No. Mesin : G168-ID- 602036 No. Angka : MHDSY416VJ-102036. Demikianlah Surat Kuasa ini saya buat untuk dipergunakan sebagaimana semestinya. Tanggal, 20 Agustus 2007 Yang Diberi Kuasa Yang Memberikan Kuasa ( IRAWANSYAH HASIBUAN ) ( ETY ZUNAIDAR ) SURAT PERNYATAAN BERSEDIA MEMBAYAR GANTI RUGI Sehubungan dengan persyaratan yang ditetapkan dan diwajibkan untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil pada Departemen Pekerjaan Umum Tahun 2005, saya yang bertanda tangan di bawah ini : Nama Lengkap : ………………………………………………………… Jenis Kelamin : ………………………………………………………… Umur : ………………………………………………………… Pendidikan Terakhir : ………………………………………………………… Alamat : …………………………………………………………. Dengan ini saya bersedia membayar ganti rugi sebesar Rp. 5.000.000,- (lima juta rupiah) apabila dikemudian hari saya mengundurkan diri sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil pada Departemen Pekerjaan Umum. Apabila dikemudian hari ternyata saya ingkar terhadap surat pernyataan yang saya buat ini, maka saya bersedia dituntut secara hukum di Pengadilan. Demikan surat pernyataan kesanggupan ini saya buat agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. ………………, ……………………….. 2005 Hormat saya, Meterai Rp. 6.000,- ( …………………………… ) CONTOH SURAT PERNYATAAN SURAT PERNYATAAN Yang bertanda tangan di bawah ini : Nama : Tempat dan tanggal lahir : Agama : Alamat : Dengan ini menyatakan dengan sesungguhnya, bahwa saya : 1. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan sesuatu tindak pidana kejahatan; 2. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta; 3. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri / Pegawai Negeri; 4. Bersedia ditempatkan di seluruh Wilayah Negara Republik Indonesia atau Negara lain yang ditentukan oleh Pemerintah; 5. Tidak sedang menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik; Demikian pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya, dan saya bersedia dituntut dimuka pengadilan serta bersedia menerima segala tindakan yang diambil oleh Pemerintah, apabila dikemudian hari terbukti pemyataan saya tidak benar. Sumenep, ……. Maret 2006 Yang membuat pernyataan, Materai Rp. 6.000,- …………………… SURAT KETERANGAN No………………………………. Yang bertanda tangan di bawah ini : Nama Lengkap : ………………………………………………… NIP : ……………………… Jabatan Kepala SMU/SMK/MA :……………………. ………………… Dengan ini menerangkan bahwa : Nama Siswa : ………………………………………………… NIS : ………………… RANGKING KELAS : ………………… Selama menjadi siswa di sekolah yang saya pimpin yang bersangkutan selalu berkelakuan baik serta berdedikasi tinggi dibidang Akademik maupun kegiatan Ekstrakurikuler lainnya. Selanjutnya pada raport semester Ganjil pada tahun pelajaran 2006/2007 yang bersangkutan adalah Rangking ke-…..dari …..siswa di kelas……. Demikian surat keterangan ini di buat untuk digunakan semestinya. ……………… , ……………………… (Tanda Tangan) *)contoh surat keterangan dari kepala sekolah SURAT PERNYATAAN Yang bertanda tangan di bawah ini : Nama Lengkap : …………………………………………………….. NIS : ……………………… Nama Orang Tua : ……………………… Alamat Rumah : …………………………………………………….. ……………………………………………………… Siswa SMU/SMK/MA : …………………………………………………….. Dengan ini menyatakan, bahwa saya akan bersungguh-sungguh menjalani studi di Sekolah Tinggi Psikologi Yogyakarta apabila kelak saya memperoleh beasiswa melalui Program Penjaringan Bibit Unggul Sekolah (PPBUS) 2007 dan saya bersedia mematuhi segala peraturan dan tata tertib yang berlaku di Sekolah Tinggi Psikologi Yogyakarta. Demikian surat pernyataan ini saya buat, tanpa ada paksaan dari pihak manapun untuk digunakan sebagaimana mestinya. ……………… , …………………………. Yang menyatakan …………………………………. (Tanda Tangan & Nama Terang) *)contoh surat pernyataan kesungguhan menjalani studi SURAT PERSETUJUAN Yang bertanda tangan di bawah ini : Nama Lengkap : ………………………………. Pekerjaan : ………………………………. Orang Tua/Wali dari : ………………………………. Alamat Kantor : ………………………………………………………………… ………………………………………………………………… Alamat Rumah : ………………………………………………………………… ………………………………………………………………… No.Telp / HP : ……………………………….. Dengan ini memberikan persetujuan serta tidak berkeberatan putra/i saya di atas untuk melanjutkan studi di Sekolah Tinggi Psikologi Yogyakarta melalui Program Penjaringan Bibit Unggul Sekolah (PPBUS) 2007. Selanjutnya saya akan berusaha semaksimal mungkin membiayai putra/i saya tersebut hingga menyelesaikan studinya di Sekolah Tinggi Psikologi Yogyakarta. ……………… , …………………………. Yang menyatakan …………………………………. (Tanda Tangan & Nama Terang) *)contoh surat persetujuan dari orang tua No. : …………………………… ………………, ….-……-2005 Lamp : - Hal : Permohonan Kepada Yth. Ketua Panitia PPBUS 2007 STiPsi. Yogyakarta di- Tempat Dengan Hormat, Setelah mendapatkan informasi beasiswa dari sekolah berupa Program Penjaringan Bibit Unggul Sekolah (PPBUS) 2007 dari Sekolah Tinggi Psikologi Yogyakarta (STiPsi. Yogyakarta) bersama ini saya mengajukan permohonan agar dapat mengikuti program beasiswa tersebut. Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini saya sampaikan 1 (satu) berkas persyaratan beserta rekomendasi dari sekolah. Demikian permohonan saya, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. Hormat Saya, ttd …………………………….. (Nama Siswa ) *)contoh surat permohonan dan mendapat rekomendasi dari sekolah . SURAT PERNYATAAN TIDAK MENGUNDURKAN DIRI JIKA TERPILIH SEBAGAI HAKIM AGUNG Yang bertanda tangan di bawah ini, 1. Nama Lengkap : 2. Tempat/Tanggal lahir : 3. Pekerjaan terakhir : 4. Alamat : Dengan ini menyatakan dengan sebenarnya bahwa saya tidak akan mengundurkan diri jika terpilih sebagai hakim agung. Apabila saya mengundurkan diri setelah terpilih menjadi hakim agung, maka saya bersedia mengganti seluruh biaya seleksi yang telah dikeluarkan oleh Negara. Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan saya bertanggung jawab atas segala konsekuensi hukum. ………………,……………………2007 Yang membuat pernyataan, Materai Rp. 6.000 ……………………………………………. SURAT PERNYATAAN Yang bertanda tangan di bawah ini saya, Nama : _______________________________________________ Nomor USM : _______________________________________________ Alamat : _______________________________________________ _______________________________________________ No. Telepon : _______________________________________________ dengan ini menyatakan bahwa saya benar-benar memilih Unpar sebagai tempat saya melanjutkan studi, dan oleh karena itu saya mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa baru, pada: Fakultas : _______________________________________________ Program Studi : _______________________________________________ Apabila setelah proses pendaftaran ini saya mengundurkan diri, dengan alasan apa pun, saya bersedia melepaskan semua hak dan kewajiban saya sebagai calon mahasiswa baru Unpar 2007/2008, dan semua biaya pendidikan yang telah saya bayarkan kepada pihak Yayasan Universitas Katolik Parahyangan tidak akan saya minta kembali. Surat pernyataan ini saya buat dan saya tanda tangani dalam keadaan sadar, sehat jasmani maupun rohani, dan tanpa tekanan atau paksaan dari siapapun juga, serta diketahui, disetujui dan ditandatangani oleh orang tua/wali saya. Bandung, ……………………….. Yang membuat Pernyataan, Orang Tua / Wali, Calon Mahasiswa Baru, Meterai Rp. 6.000,- ___________________ _____________________ Nama : Nama : Catatan: Surat Pernyataan ini dibuat rangkap dua: 1. untuk arsip Unpar 2. untuk arsip calon yang bersangkutan REPUBLIK INDONESIA DEPARTEMEN PEKERJAAN UMUM PENGUMUMAN NOMOR : KP. 01.02- Mn/13 PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DEPARTEMEN PEKERJAAN UMUM TINGKAT SARJANA (S1) TAHUN ANGGARAN 2005 Menunjuk Pengumuman Nomor KP.01.02-Mn/632 tanggal 19 Desember 2005 clan Nomor KP.01.02-Mn/645 tanggal 29 Desember 2005 tentang Penerimaan Caton Pegawai Negeri Sipil Departemen Pekerjaan Umum, serta memperhatikan aspirasi publik yang disampaikan kepada kami tentang persyaratan Toefl bagi pelamar umum Departemen Pekerjaan Umum clan sesuai Surat Edaran Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara RI Nomor SE/Ol/M.PAN/l/2006 ta,nggal 11 Januari 2006 tentang Penyelenggaraan Pengadaan CPNS Tahun 2005/2006, maka diumumkan sebagai berikut : 1. Persyaratan nilai/ score International/Institutional Toefl bagi pelamar umum Departemen Pekerjaan Umum yang semula ditetapkan minimum 475 diubah menjadi minimum 450 (dari Lembaga Bahasa LIA). 2. Penutupan pendaftaran diundur menjadi tanggal 30 Januari 2006 (cap pas). 3. Ujian Pengadaan CPNS akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 11 Pebruari 2006 bertempat di Kompleks Kantor Departemen Pekerjaan Umum J1.Patinlura: No.20 Kebayoran Baru Jakarta Selatan. 4. Bagi yang memenuhi syarat administrasi akan dipanggil untuk mengambil nomor ujian pada tanggal 9 dan 10 Pebruari 2006 pada Panitia Pengadaan Pegawai Departemen Pekerjaan Umum di J1.Patimura No.20 di Gedung G.l lantai 3 Ruang Sidang Biro Kepegawaian & Ortala, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, dengan syarat membawa dokumen asli (ijazah/transkrip, Toefl, Akte Kelahiran) untuk diperlihatkan pada Pantia Pengadaan Pegawai Dep.PU, pada jam keIj a. Bagi yang tidak membawa dokumen asli dimaksud tidak akan diberikan nomor ujian. Demikian pengumuman ini untuk mendapat perhatian bagi yang berkepentingan. Jakarta, 12 Januari 2006 A.N. MENTERI PEKERJAAN UMUM Sekretaris Jenderal TTD Roestam Siarief NIP. 110015116 Tembusan, kepada Yth : Bapak Menteri PU (sebagai laporan). REPUBLIK INDONESIA DEPARTEMEN PEKERJAAN UMUM PENGUMUMAN NOMOR : KP. 01.02- Mn/632 PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DEPARTEMEN PEKERJAAN UMUM GOLONGAN III TINGKAT SARJANA (S1) TAHUN ANGGARAN 2005 Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara RI Nomor : KEP/50.F/M.PAN/10/2005 Tentang Formasi PNS Departemen Pekerjaan Umum, diumumkan sebagai berikut : Departemen Pekerjaan Umum Republik Indonesia membuka kesempatan kepada para Sarjana Strata Satu bagi yang Berwarga Negara Indonesia baik pria maupun wanita, sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Departeman Pekerjaan Umum yang akan ditempatkan baik di Pusat maupun di Daerah dengan ketentuan : JUMLAH YANG DIBUTUHKAN S1 : 217 orang, yang terdiri dari : Teknik Sipil ……………………………….. : 82 orang Teknik Arsitektur ………………………….. : 20 orang Planologi …………………………………… : 10 orang Teknik Lingkungan / Penyehatan ………….. : 12 orang Pertanian : Ilmu Tanah/Agronomi ………… : 3 orang Teknik Informatika …………………………. : 12 orang Manajemen Informatika …………………… : 8 orang Teknik Industri / Elektro Arus Lemah ……. : 2 orang Fisika Teknik ……………………………… : 3 orang Ekonomi : Akuntansi/Studi Pemb/Manaj … : 18 orang Hukum ……………………………………. : 18 orang Administrasi Negara/Hub. Internasional …. : 12 orang Publisistik …………………………………. : 6 orang Komunikasi ……………………………… : 2 orang Psikologi ………………………………… : 2 orang Sosiologi ………………………………… : 3 orang Teknik Geologi .......................................... : 4 orang PERSYARATAN Warga Negara Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945 Berijazah Sarjana (S1) dengan jurusan pendidikan seperti pada butir I. Berasal dari Perguruan Tinggi Negeri/Swasta/Luar Negeri yang telah mendapat akreditasi (minimum B) dari Depdiknas dengan persyaratan IPK minimum 2,75 (dua koma tujuh lima) Sehat mental dan fisik Menguasai bahasa Inggris dengan baik (lisan dan tulisan) dengan bukti International/Institusional TOEFL yang masih berlaku yang diterbitkan oleh Lembaga Bahasa LIA dengan nilai minimum 475 (empat ratus tujuh puluh lima) Batas usia maksimum 28 tahun pada tanggal 1 Januari 2006., dibuktikan dengan Akte Kelahiran Tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan Instansi lain Berbadan sehat, dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani dibuat oleh dokter. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Kepolisian Negara, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS/Calon Anggota TNI/Calon Anggota POLRI serta Anggota TNI/POLRI Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Indonesia (Surat Pernyataan akan ditandatangani pada waktu dinyatakan diterima sebagai CPNS Departemen PU. PENDAFTARAN Pendaftaran dimulai tanggal 30 Desember 2005 melalui pos ( diluar ketentuan ini tidak dilayani), dan ditutup tanggal 20 Januari 2006 (cap pos) jam 16.00 WIB. Lamaran dibuat dalam format sesuai contoh dalam Web Site Departemen PU Lamaran ditujukan kepada : Menteri Pekerjaan Umum dan pada sampul luar dialamatkan kepada Ketua Panitia Pengadaan CPNS Departemen PU Gedung G. I lantai II Jl. Pattimura No. 20 Kebayoran Baru Jakarta Selatan, dengan dilampiri : Lembar photocopy ijazah S1 berikut transkrip dengan Nilai IPK > 2, 75 dari Perguruan Tinggi yang mempunyai akreditasi minimum B dan sudah dilegalisir oleh : Untuk Universitas/Institut, oleh Rektor/Dekan/Pembantu Dekan Bidang Akademik. Untuk Sekolah Tinggi, oleh Ketua/Pembantu Ketua Bidang Akademik Bagi Ijazah Perguruan Tinggi Luar Negeri dilegalisir/mendapat akreditasi Ditjen Dikti Depdiknas Photocopy International/Institutional Toefl yang diterbitkan oleh Lembaga Bahasa LIA dengan Nilai > 475 dilegalisir. 5 (lima) lembar pas photo ukuran 3 x 4 cm (berwarna) dan nama pelamar dituliskan di bagian belakang Photocopy KTP yang masih berlaku Photocopy Akte Kelahiran Surat Pernyataan bersedia membayar ganti rugi bermeterai Rp. 6.000,- sesuai dengan contoh dalam website Departemen PU Mencantumkan alamat lengkap yang mudah dihubungi serta No. telepon dan HP TAHAPAN DAN JADWAL SELEKSI Seleksi dilakukan dengan tahapan (system gugur) sebagai berikut : a. Seleksi Administratip dengan melihat pemenuhan persyaratan di atas. b. Ujian tertulis meliputi Test Pengetahuan Umum (TPU) yang terdiri dari : Bahasa Indonesia, Pancasila, Tata Negara, Sejarah dan Kebijakan Pemerintah, Test Bakat Skolastik (TBS), dan Test Substansi (TS), yang pelaksanaannmya akan diumumkan sesuai ketentuan dari Menpan/BKN melalui pemanggilan bagi peserta yang memenuhi syrata administrasi atau dapat melihat pada Website Departemen PU (http:/www.pu.go.id) TEMPAT DAN PENGUMUMAN HASIL SELEKSI Hanya mereka yang dinyatakan lulus seleksi administratip yang akan dipanggil untuk mengikuti ujian tulis. Pemanggilan Peserta yang dinyatakan lulus administratip akan diumumkan di Website Departemen PU dan papan pengumuman Departemen PU. Tanda Peserta seleksi Ujian Tertulis harus diambil sendiri oleh calon peserta di tempat test 2 (dua) hari sebelum penyelenggaraan test pada Panitia Pengadaan Pegawai Departmen PU dengan alamat seperti pada butir III. c. dengan membawa dokumen asli yaitu : Ijazah, Toefl, Transkip Nilai dan akte Kelahiran untuk diperlihatkan kepada Panitia. Penyelenggaraan Test akan dilaksanakan secara terpusat di Jakarta, waktu dan lokasi akan ditentukan kemudian. Hasil ujian akan diumumkan segera setelah seleksi tertulis dilaksanakan Keputusan kelulusan oleh Panitia tidak dapat diganggu gugat. LAIN-LAIN Penyelenggaraan ujian saringan tidak dipungut biaya Lamaran yang pernah di kirim kepada Departemen PU sebelum pengumuman ini, diharuskan memperbaiki surat lamaran sebagaimana ketentuan tersebut pada Website Departemen PU Bagi mereka yang dinyatakan lulus seluruh proses seleksi tetapi mengundurkan diri diwajibkan mengganti biaya yang telah dikeluarkan oleh panitia sebesar Rp. 5.000.000,- (lima juta rupiah) Hal-hal lain yang berkaitan dengan pengadaan dan seleksi CPNS Departemen PU 2005 dapat dilihat dalam Website Departemen PU ( http;//www.pu.go.id ) dan para pelamar disarankan untuk terus memonitor perkembangannya. Bagi para peserta ujian, diharapkan membawa papan/alas untuk menulis pada saat ujian, pensil 2 B, penggaris, penghapus, dan lain-lain yang diperlukan. KETERANGAN Dokumen yang lengkap disampaikan setelah dinyatakan lulus test (rangkap dua) yang terdiri dari : Surat lamaran dengan materai 6000,- (ditulis tangan) Daftar Riwayat Hidup dan Surat Pernyataan (Blanko BKN asli rangkap dua) tulis tangan huruf balok/kapital pakai tinta hitam Lembar photocopy ijazah S1 berikut transkrip dengan Nilai IPK > 2, 75 yang sudah dilegalisir oleh : o Untuk Universitas/Institut, oleh Rektor/Dekan/Pembantu Dekan Bidang Akademik. o Untuk Sekolah Tinggi, oleh Ketua/Pembantu Ketua Bidang Akademik. o Bagi Ijazah Perguruan Tinggi Luar Negeri dilegalisir/mendapat akreditasi Ditjen Dikti Depdiknas Surat keterangan kesehatan dari dokter (asli dan photo copy) Surat keterangan bebas narkoba (asli dan photocopy) Surat Tanda Pencari Kerja / Kartu Kuning Depnaker (asli dan photocopy) Surat Keterangan Berkelakuan Baik (SKKB) dari polisi (asli dan photocopy) 8 (delapan) lembar pas photo ukuran 3 x 4 cm (berwarna atau hitam putih) dan nama pelamar dituliskan di bagian belakang. Jakarta, 19 Desember 2005 A.N. MENTERI PEKERJAAN UMUM Sekretaris Jenderal, Ttd. Roestam Sjarief Tembusan kepada Yth. : NIP. 110015116 Bapak Menteri PU (sebagai laporan) Lampiran 1 Contoh Surat Lamaran bagi Pelamar Umum Lampiran : 1 (satu) berkas. ………………………………….. 2005. Kepada Yth. Bapak Menteri Pekerjaan Umum c.q. Kepala Biro Kepegawaian dan Ortala Jl. Pattimura No. 20 Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Perihal : Lamaran pekerjaan di lingkungan Departemen Pekerjaan Umum. Dengan hormat, Saya yang bertanda tangan dibawah ini : N a m a : …………………………………………………………………………………………… Tempat/tanggal lahir : …………………………………………………………………………………………… Pendidikan dan jurusan : …………………………………………………………………………………………… Alamat rumah : …………………………………………………………………………………………… No. Telp. Rumah : …………………………………………………………………………………………… HP : …………………………………………………………………………………………… Dengan ini mengajukan permohonan kepada Bapak, dengan harapan agar saya dapat diterima menjadi Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Departemen Pekerjaan Umum. Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya lampirkan : 1. Daftar Riwayat Hidup sesuai Blanko BKN (asli dua) 2. Fotocopy ijazah terakhir yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang rangkap 2. 3. Fotocopy Toefl yang diterbitkan oleh Lembaga Bahasa LIA dengan Nilai > 475 (dilegalisir). 4. Fotocopy Akte Kelahiran 5. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku 6. Surat Pernyataan sesuai Blanko BKN ditulis dengan huruf balok/kapital dengan tinta hitam (asli dua). 7. Surat keterangan kesehatan dokter (asli + copy) 8. Surat Keterangan Bebas Narkoba (asli + copy). 9. Kartu Tanda pencari kerja/Kartu Kuning Depnaker (asli + copy). 10. Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB) dari Polisi (asli + copy). 11. Pasfoto ukuran 3 x 4 cm (berwarna atau hitam putih) 8 (delapan) lembar, dengan nama pelamar ditulis di bagian belakang Pasfoto. Demikian kami sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. Hormat saya, Meterai Rp. 6000 (…………………………………..) nama pelamar Keterangan : - Lamaran agar ditulis tangan - Nomor 2 s/d 5 diserahkan pada waktu pendaftaran + Pasfoto 5 (lima) lembar ukuran 3 x 4 cm (warna), - Dokumen yang lengkap (1s/d 11) diserahkan setelah lulus ujian. Lampiran 2 SURAT PERNYATAAN BERSEDIA MEMBAYAR GANTI RUGI Sehubungan dengan persyaratan yang ditetapkan dan diwajibkan untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil pada Departemen Pekerjaan Umum Tahun 2005, saya yang bertanda tangan di bawah ini : Nama Lengkap : ……………………………………………………………. Jenis Kelamin : ……………………………………………………………. Umur : ……………………………………………………………. Pendidikan Terakhir : ……………………………………………………………. Alamat : ……………………………………………………………. Dengan ini saya bersedia membayar ganti rugi sebesar Rp. 5.000.000,- (lima juta rupiah) apabila dikemudian hari saya mengundurkan diri sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil pada Departemen Pekerjaan Umum. Apabila dikemudian hari ternyata saya ingkar terhadap surat pernyataan yang saya buat ini, maka saya bersedia dituntut secara hukum di Pengadilan. Demikan surat pernyataan kesanggupan ini saya buat agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. ………………, ……………………….. 2005 Hormat saya, Meterai Rp. 6.000,- ( …………………………… )   SURAT PERNYATAAN PENGUNDURAN DIRI Sehubungan dengan lamaran pekerjaan yang saya buat untuk posisi sebagai Kurir sedang ada kesalahan Informasi jenis pekerjaan pada PT. Transindo Citra Gemilang dengan PT Lain. Dikarenakan bidang pekerjaan tidak sesuai dengan bidang keahlian yang saya miliki (selain kurir). Untuk itu yang bertanda tangan di bawah ini : Nama Lengkap : . .…………………………………………………………. Jenis Kelamin : ……………………………………………………………. Umur : ……………………………………………………………. Pendidikan Terakhir : ……………………………………………………………. Alamat : ……………………………………………………………. Dengan ini saya mengajukan pengunduran diri sebagai Calon karyawan pada Perusahaan yang Bapak/Ibu Pimpin. Saya mohon agar uang yang telah dibayarkan dapat dikembalikan sebesar Rp. 750.000;00. Demikan surat pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya untuk dapat dimaklumi sebagaimana mestinya. ………Juni, 2007 Meterai Rp. 6.000,- Hormat saya, ( ………………… ) ...................................................................................................................................... Nb. titik titik kosong diatas menunjukan Blanko Perusahaan SURAT KETERANGAN PENGHASILAN No. RU / 20 / III / 2008 Dengan ini menerangkan bahwa : Nama : Cristine Yoanita Jabatan : Staff Administrasi Adalah Benar Karyawan PT. Pahala Sakti Perkasa dengan gaji Perbulan Sebesar Rp. 4.500.000 ( Empat Juta Lima Ratus Ribu Rupiah ) Demikian surat keterangan ini dibuat agar dapat dipergunakan seperlunya. Hormat kami, F & A Manager ( Yeyen ) SURAT PERNYATAAN BEBAS NARKOBA Saya Yang Bertanda Tangan Dibawah Ini : Nama : Agus Tempat Tanggal Lahir : Sumedang 16 Desember 1982 Alamat : Komp Deplu……………………………………... ……………………………………………………. Dengan Ini Saya menyatakan diri bahwa saya tidak, sedang atau bebas dari pengaruh zat Adiktif ( Narkoba ). Demikinalah Surat pernyataan ini Saya buat dengan sebenar-benarnya, atas perhatian dan kerjasamanya saya haturkan terima kasih. Hormat Saya, Agus Bandung, Selasa, 8 Mei 2006 No : 4G/015/05/06 Hal : Penawaran Lampiran : 1 (Satu) Proposal Kepada Yth. CEO / Dirut PT. Salam Sejahtera, Kami adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang Teknologi Informasi khususnya dalam pengembangan Web (Web Development) dan Multimedia. Kami berkeinginan untuk memperkenalkan layanan kami kepada perusahaan Bapak / Ibu, dengan harapan akan menjalin kerjasama pada pengembangan Teknologi Informasi khususnya dalam pengembangan Web (Web Development) dan Multimedia sebagai sarana publikasi maupun promosi perusahaan Bapak/Ibu. Besar harapan kami untuk menjalin kerjasama dengan perusahaan Bapak / Ibu, atas perhatian dan kerjasama yang baik kami ucapkan Terima Kasih. Hormat Kami, Pupung Budi Purnama